tt ads
Penyakit dapat menyerang makhluk hidup mana pun termasuk burung berkicau. Burung berkicau yang tak luput dari serangan penyakit adalah burung murai batu.
Burung murai batu termasuk jenis burung unggulan yang namanya sudah tidak diragukan lagi kehebatannya.
Walaupun murai batu termasuk jenis burung unggulan bukan berarti murai batu dapat terlepas dari serangan penyakit.
Penyakit dapat saja menyerang murai batu apabila cara perawatannya yang salah. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa penyakit dapat menyerang murai batu.
 

Mengatasi Murai Stres Macet Bunyi Dengan Cara Alami

Penyakit yang menyerang murai batu ada yang bersifat dapat diobati namun ada pula yang bersifat tidak dapat diobati.
Sebenarnya semua penyakit yang menyerang semua jenis murai batu dapat diobati. Hanya saja yang tidak dapat diobati tersebut yang pengobatannya tidak secara langsung padahal sudah terdeteksi penyakitnya.
Kesehatan murai batu harus selalu dijaga dan jangan sampai terserang penyakit. Sebagai pemilik murai batu yang baik diharapkan dapat mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja hal yang menjadi penyebab gangguan kesehatan pada murai batu.
Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penyebab gangguan kesehatan terhadap murai batu.
 
Dampak dari Murai batu Stres
 
Stres merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan murai batu. Apabila murai batu terserang stres, maka sistem yang ada di dalam tubuh murai batu menjadi terganggu akibatnya penyakit rentan masuk.
Tidak hanya dapat menyebabkan penyakit rentan masuk ke tubuh burung saja, tetapi stres juga dapat mengakibatkan produksi telur menjadi menurun.
Stres termasuk hal yang berbahaya karena jika tidak kuncung diobatkan akan menyebabkan kematian pada burung yang terserang. Stres dapat terjadi karena beberapa hal. Beberapa hal yang menjadi penyebab burung menjadi stres diantaranya.
  1. Sangkar yang ditempatkan di tempat yang kurang aman sehingga burung merasa keselamatannya terancam.
  2. Suhu udara yang tidak mendukung.
  3. Lingkungan sekitar yang tidak kondusif.
Sebelum stres ini akan mengakibatkan murai batu menjadi terserang penyakit atau bahkan mati, sebaiknya lakukan pencegahan. Pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Sangkar di tempatkan di lingkungan yang akan membuat burung merasa nyaman serta yang paling penting membuat burung tidak terganggu.
  2. Jangan memancing agar burung terkena stres.
  3. Pemberian pakan dan minum harus sesuai dengan takaran. Pakan dan minum selalu diganti dengan yang baru setiap harinya untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab stres dan penyakit.
  4. Lingkungan sekitar tempat burung kadang kala dilewati oleh beberapa orang. Untuk membuat burung tidak terkejut dengan orang yang lewat maka pakaikan sangkar burung dengan menggunakan kerodong. Kerodong ini sangat membantu mencegah burung menjadi stres.
Apabila murai batu telah terlanjur terserang stres maka lakukan pengobatan dengan cara menutup sangkar dengan menggunakan kerodong. Murai batu sebaiknya tidak dimandikan apabila sedang stres.
Serta masih banyak cara pengobatan lainnya yang akan membuat stres menjadi berkurang.Demikian Mengatasi Murai Stres Macet Bunyi Dengan Cara Alami mudah-mudahan membantu dan berguna..
tt ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>