tt ads

Cara Merawat Burung Cendet agar Cepat Ngevur – Ala Bang Idin. Tidak mudah memang memproses burung bahan hasil tangkapan hutan yang kita beli dari pasar burung (bukan ternakan) agar bisa mau makan voer dengan segera. Banyak panduan dan saran yang sering kami baca di beberapa sumber di internet, agar tetap sabar dan tidak terburu-buru dalam memproses burung rawatnnya jika memang belum mau makan voer, kendati mungkin waktu yang telah dilakukan dalam merawat burung yang kita miliki tersebut sudah bisa dibilang lumayan lama, bisa jadi 10 hari, setengah bulan, sebulan bahkan ada yang lebih dari sebulan menurut cerita salah satu kawan yang sempat merawat burung cendet/Pentet/Plentet miliknya dengan sangat sabar hingga burung bisa makan voer.

Sehabis sholat Ashar di masjid deket tempat kerja, bertemu dengan tukang parkir mobil dan motor di sekitaran masjid, karena memang DKM masjid dimana tempat kami sholat saat istirahat (Dzuhur) ataupun saat waktu Ashar oleh DKM dimemanfaatkan halaman masjid tersebut sebagai halaman parkir untuk para karyawan gedung perkantoran di sekitar masjid.

Berbagi pengalaman dengan beliau karena kebetulan beliau juga penghobi burung, sebut saja Bang Idin, menurut bang Idin kalo kepingin Cendet cepet ngevoer jangan langsung pake voer yang ukuran besar seperti maaf Topsong besar tetapi kata beliau harus memakai voer yang kecil bahkan yang lembut terlebih dahulu untuk memproses agar burung bisa bertahap mau makan voer. Bahkan pengalaman beliau pernah memproses burung hanya dalam waktu satu hari, pagi beli burung, sore sudah mau makan voer.

Berikut Tips Agar Burung Cepat Makan Voer menurut Bang Idin adalah sebagai berikut:

1.Langakah pertama berikan makanan alami untuk burung seperti jangkrik dipotongin kakinya kemudian masukkan ke cepuk makan pada pagi dan sore hari. Jadi pagi 10 ekor sore 10 ekor. Campurkan juga ulat hongkong (UH) 1 sendok the dan kroto juga 1 sendok the.

2.Di hari kedua, dengan porsi yang sama sebagaimana pada langkah pertama ditambahkan voer ayam sedikit saja.

3. Hari ketiga, kurangin jangkrik menjadi cukup 8 ekor saja dengan porsi ulat dan kroto masih sama dan voer ditambah sedikit lagi. Buat agar voer menutupi jangkrik dan UH serta krotonya.

4.Hari keempat dan seterusnya prosesnya hapir sama hingga hari ke tujuh jangkrik hingga menjadi tinggal 4 ekor dan UH cukup 5 ekor saja dan kroto setengah sendok saja, maka kata bang Idin proses itu bisa lebih cepat membuat burng Cendet bahan bis asegera ngevoer. Artinya berarti hanya dengan waktu seminggu burung bahan yang dibeli dari ombyokan sudah mau makan voer.

tt ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>