tt ads

Sudah selayaknya makhluk hidup pastilah secara rutin akan melakukan kebersihan badan dalam hal ini mandi, entah setiap hari, setiap saat, setiap ada kesempatan atau kapanpun dia mau melakukannya tentunya dengan cara mereka masing-masing. Pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah tentang memandikan burung.

Bagi burung rawatan, ada beberapa cara yang dilakukan oleh si pemiliknya dalam melakukan ritual membersihkan badan burung miliknya tersebut, diantaranya ada yang dengan menaruh cepuk ukuran besar ke dalam kandang agar burung mau mandi sendiri, ada yang cukup dengan menyemprot dengan kekuatan semprotan yang relatif soft tentunya, ada juga karena terbentur waktu terkadang cukup disediakan bersamaan dengan air minum yang sekaligus bisa diperuntukkan buat mandi dan ini yang paling sering kita jumpai, dan ada juga yang karena waktunya sempat maka memandikan burung rawatannya dengan cara memindahkan burung rawatannya tersebut ke dalam keramba khusus buat mandi agar burung lebih leluasa dan lebih alami yaitu dengan cara menempelkan kandang rawatan harian dengan keramba mandi dengan posisi pintu sejajar setelah posisi terlihat pas tinggal membuka pintu kedua kandang tersebut setelah burung masuk ke keramba mandi pintu di tutup semula. Memang caryang terkahir ini sangat banyak manfaatnya, sambil menunggu burung mandi, karena kondisi kandang harian kosong makan si pemilik burung yang memandikannya dengan menggunakan keramba mandi biasanya sekalian membersihkan kandang burung rawatannya trersebut tanda ada beban burung akan terganggu karena kandang sedang dibersihkan ataupun tidak khawatir burung akan lepas karena kandang dibolak-balik karena memang sedang dibersihkan.

Sesuai dengan judul di atas, sebenarnya apa sih manfaat memandikan burung ? Ada beberapa pendapat yang kami rangkum tentang manfaat memandikan burung, antara lain:

1. Yang paling masyhur adalah untuk menjadikan agar burung semakin sering kita mandikan akan semakin jinak, sehingga dalam kondisi burung yang sudah jinak mudah untuk disetting untuk memasternya dan tentunya secara fisik burung dalam kondisi jinak biasanya bulu-bulunya terlihat rapi dan beraturan, namun lain dengan burung yang masih nggerabak biasanya bulu-bulunya akan berantakan sehingga kurang enak dipandang dan hanya akan rapi bulu-bulunya jika tidak ada orang di sekitarnya.

2. Tentunya jika burung sering dimandikan pastilah akan terlihat bersih dan tidak kusam, sehingga oleh si burung sendiri akan merasakan kesegaran (fresh) setelah selesai mandi sendiri ataupun dimandikan. Tidak bedanya dengan kita manusia juga demikian, sekalipun pada saat kita akan mandi terkadang kita malas-malasan namun setelah selesai mandi badan akan terasa segar dan enak. Nah ketika burung dalam kondisi fresh maka disitulah burung akan mengeluarkan nada indahnya berupa kicauan-kicauan merdu yang tentunya kita sebagai pemilik ketika mendengarkan kicauan tersebut akan menikmatinya sebagai hiburan dan kesenangan yang memang kita harapkan; dan yang ke

3. Jika burung terdapat kutu karena berbagai faktor yang menyebabkan hingga burung menjadi kutuan, maka mandi sangat dianjurkan untuk menghilangkan kutu-kutu yang bersarang pada burung tersebut.

Dari 3 penjelasan di atas, hal yang paling penting yang sangat perlu dilakukan setelah memandikan burung adalah dengan menjemurnya agar kondisi burung benar-benar kering seperti sedia kala.

Dan adapun kapan waktu yang tepat untuk memandikan burung ataupun memberikan cepuk ke dalam kandang burung untuk mandi, menurut salah seorang kicau mania asal Tanah Abang Jakarta Pusat adalah pada siang hari dengan alasan, ketika di habitatnya sangat jarang kita lihat burung mandi pada pagi hari sekitar jam 7-an ataupun pada sore hari pada sekitar jam 5-an sebagaimana yang sering kita baca di artikel yang membahas tentang perawatan burung, tetapi yang ada yang sering kita jumpai adalah burung justru menyeburkan diri ke air atau di kali pada siang hari, itulah alasan kenapa memandikan burung yang tepat adalah pada waktu siang hari.
Namun ada juga pendapat lain yang paling banyak dan sering kita dengan sebagaimana yang dituliskan pada paragraf sebelumnya, memandikan burung yang tepat adalah padi pagi dan sore hari dan ada sebagian kicau mania yang memandikan burung pada malam hari dengan alasan agar burung bisa cepat rajin.

Itulah beberapa pendapat tentang manfaat mandi dan kapan waktu yang tepat memandikan burung.

tt ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>